Mengenal Lebih Lanjut Ciri Ciri Cream Pemutih Wajah Berbahaya untuk Menghindarinya

22 Oktober 2018 - Kategori Blog

Sebelum memilih menggunakan cream pemutih wajah tertentu, pastinya kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya. Karena kamu nggak mau kan, usahamu untuk mendapatkan kulit yang putih bersinar itu malah membuat kulitmu menjadi kusam.

Tuntutan zaman untuk selalu terlihat cantik dan putih membuat banyak perempuan berlomba-lomba mencari cream pemutih wajah yang aman dan permanen. Sayangnya, banyak cream pemutih wajah yang beredar di pasaran dan Instagram masih belum bisa dipastikan aman atau tidaknya.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya. Sehingga agar kamu bisa terhindar dari segala efek buruk dari cream pemutih wajah berbahaya, kamu harus tahu cara membedakan krimnya.

Sudah tidak sabar ingin mengetahui ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya? Cek artikel di bawah ini sekarang, yuk!

Cream pemutih wajah yang aman dan cepat pada dasarnya mengandung bahan-bahan yang bisa memperlambat produksi melanin di lapisan luar kulit. Melanin yang merupakan pigmen coklat yang diproduksi di melanosit kulit itu sebenarnya merupakan perlindungan alami tubuh terhadap efek berbahaya dari sinar UV.

Akan tetapi, produksi berlebih dari melanin (yang disebut juga hiperpigmentasi) dapat menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata. Bahkan, terkadang bisa menjadikan munculnya banyak gangguan kulit lain, hingga kanker kulit.

Pemutih kulit yang bagus bertindak untuk mengurangi aksi enzim tirosinase yang mengeontrol tingkat produksi melanin di kulit. Bila produk pemutihnya bagus, maka bahan-bahannya akan efektif membantu menghilangkan masalah yang terkait dengan hiperpigmentasi.

Bagaimanapun juga, pemutih wajah berbasis kimia yang berbahaya menyimpan potensi bahaya dan membawa resiko kesehatan yang signifikan jika digunakan secara terus menerus. Oleh karenanya, kamu membutuhkan ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ciri Ciri Cream Pemutih Wajah Berbahaya

Setiap perempuan tentu saja menginginkan cream pemutih wajah yang aman, cepat, dan murah. Namun, kalau kamu tidak hati-hati dan mudah terpengaruh dengan produk murah yang banyak ditawarkan di Instagram, bisa-bisa kamu terjebak dengan cream pemutih wajah berbahaya.

Berikut ini ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli cream pemutih wajah. Penting sekali untuk mengetahui ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya untuk menentukan apakah cream pemutih wajahmu itu aman atau nggak.

1. Tidak Ada Izin BPOM atau Lembaga Kesehatan

Setiap krim atau kosmetik yang legal pasti terdaftar di situs resmi BPOM. Hal ini penting untuk menjamin kualitas krim yang dijual di pasaran tersebut.

Nah, ada satu cara untuk memastikan krim yang kamu beli itu memiliki ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya atau tidak. Caranya adalah perhatikan saja apakah di kemasannya terdapat nomor BPOM atau tidak.

Sayangnya, ada juga produsen nakal yang dengan sengaja menaruh nomor BPOM di kemasannya agar terlihat seperti asli. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengecek apakah kosmetik tersebut sudah terdaftar di situs resmi BPOM atau belum.

2. Warna Krim Mengkilap

Pemutih wajah alami yang asli seharusnya memiliki warna yang tidak begitu mencolok ketika kemasannya dibuka. Sebaliknya, ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya akan terlihat dari warnanya yang mengkilap. Bisa jadi warnanya kuning yang sangat cerah atau justru terlalu putih.

Hal tersebut terjadi karena bahan pewarna yang digunakan oleh produsen krim palsu berasal dari pewarna tekstil ataupun pewarna buatan yang berbahaya. Tentunya pewarna tekstil ataupun pewarna buatan bukanlah hal yang baik untuk diaplikasikan di kulit wajahmu.

Oleh karena itu, kalau kamu menemukan krim yang kamu beli memiliki ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya yang satu ini, segera hentikan penggunaan krimnya. Bahkan, kalau perlu beralihkan ke kosmetik lainnya yang jauh lebih aman.

3. Tidak Tercampur Rata dan Lengket

Ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya yang berikutnya adalah tidak tercampur secara merata dan lengket. Bahkan terkadang masih terlihat jelas tekstur krim yang tidak rata dan menggumpal.

Biasanya, meskipun bagian krim yang menggumpal itu dicampur air sekalipun, tetap saja tidak akan tercampur rata. Selain itu, hal yang nampak jelas adalah ketika kamu oleskan krim tersebut di kulitmu, kamu akan merasakan adanya gumpalan di tanganmu.

Untuk mengatasinya, pilihlah cream pemutih wajah yang aman di apotik. Tanyakan pada apoteker yang berpengalaman mana krim yang benar-benar aman untukmu.

4. Bau Menyengat

Ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya yang selanjutnya adalah bau logam yang tajam. Hal ini biasanya terjadi karena krim tersebut mengandung merkuri yang identik dengan bau logam.

Biasanya, para produsen yang nakal tersebut akan mengakalinya dengan cara mencampurkan parfum yang berlebihan. Tujuannya tentu saja agar bau merkurinya tidak terlalu tercium.

Sebagai saran, sebelum membeli krim, cobalah untuk mencium baunya terlebih dahulu. Jika terdapat aroma yang sangat wangi, sudah bisa dipastikan itu bukanlah ciri ciri cream yang aman.

5. Panas dan Perih saat Dipakai

Beberapa krim memang disesuaikan dengan kondisi kulitmu. Namun, terkadang ada juga perempuan yang tidak cocok ketika menggunakan krim tertentu hingga akhirnya kulitnya terasa panas dan sedikit terkelupas karena alergi.

Hal tersebut sangat mirip dengan ciri ciri cream pemutih berbahaya di pasaran. Bedanya, panas yang terasa di wajahmu berakibat lebih serius daripada sekedar alergi pada krim tertentu.

Ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya lainnya adalah jika digunakan dalam waktu lama akan menimbulkan penyakit kulit yang serius. Lebih parahnya lagi, bisa juga menimbulkan bekas seperti luka.

6. Kulit Memerah saat Terkena Sinar Matahari

Pada dasarnya kulit merupakan bagian tubuh yang mampu melindungi seseorang dari matahari. Penggunaan krim kulit yang baik, selain akan membantumu menjaga warna kulit tapi juga bisa menolong kulitmu agar bisa berfungsi dengan baik.

Sebaliknya, ciri ciri kulit terkena merkuri dari cream pemutih wajah berbahaya adalah munculnya bekas kemerahan setelah terpapar matahari. Masalahnya, ciri ciri cream pemutih berbahaya yang paling jelas adalah mengandung bahan yang tidak baik unuk kulitmu.

Bahan berbahaya yang terdapat dalam krim tersebut akan mengupas bagian epidermis kulit. Sehingga ketika terpapar sinar matahari, kulitmu yang tidak terlindung dengan baik akan langsung menjadi merah.

7. Kulit Tampak Putih Pucat

Ciri ciri kosmetik yang aman biasanya akan memutihkan sebatas warna kulitmu yang tidak banyak terekspos matahari. Selain itu, hasil yang diperoleh adalah kulit yang putih dan tampak segar.

Sebaliknya, ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya biasanya akan memberikan hasil yang nampak lebih putih tapi tampak pucat. Akan lebih baik kalau kamu menghentikan pemakaiannya sebelum kehilangan warna kulit yang sehat.

8. Hasil yang Instan dan Sangat Cepat

Segala hal yang serba instan belum tentu baik. Salah satu contohnya adalah mie instan yang kalau dikonsumsi secara rutin akan menimbulkan banyak sumber penyakit.

Sama seperti itu, kamu harus berhati-hati ketika menggunakan cream pemutih. Terutama ketika mendadak kamu mendapatkan hasil yang luar biasa hanya dalam hitungan jam.

Penggunaan dalam waktu yang cukup lama nantinya akan mengikis bagian kulitmu dan menimbulkan penyakit yang berbahaya. Lebih parahnya lagi kalau sampai menimbulkan kanker kulit.

9. Menimbulkan Ketergantungan

Krim yang asli tentunya tidak akan menimbulkan ketergantungan ketika kamu berhenti menggunakan krim tersebut. Sehingga ketika kamu menghentikan penggunaannya, kamu masih bisa melihat hasil dari krim tersebut.

Namun, ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya adalah menimbulkan ketergantungan yang luar biasa pada kulitmu. Salah satunya adalah adanya bercak atau tumbuh banyak jerawat ketika kamu tidak menggunakan krimnya dalam waktu beberapa hari.

Tampil Cantik Putih dengan Aman

Demikianlah ciri ciri cream pemutih wajah berbahaya yang bisa kamu jadikan informasi tambahan ketika memilih krim pemutih wajah. Semoga saja informasinya bisa berguna untukmu sehingga tidak akan salah memilih dan akhirnya merusak kulitmu sendiri.

Untuk cara yang lebih aman, kamu bisa memilih untuk menggunakan bahan-bahan yang lebih alami. Meskipun hasilnya tidak cepat, tapi setidaknya bahan yang alami akan lebih aman bagi kulitmu dan memberikan hasil yang lebih permanen.

Tapi kalau kamu tetap ingin menggunakan cream pemutih wajah, pastikan kamu memilih krim yang benar-benar aman, ya! Karena nggak lucu kan kalau kamu ingin wajahmu terlihat putih cantik, tapi akhirnya justru menjadi rusak?

 
Chat via Whatsapp